Wednesday 27 June 2012

gunung merapi

Bagi pecinta tantangan di alam terbuka, objek wisata Gunung Merapi patut disinggahi. Sekitar 30-an km utara kota Jogja kamu akan sampai di Gunung Merapi, salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Meletus lebih dari 37 kali, yang terbesar pada tahun 1972, menewaskan 3000 jiwa. Sekalipun begitu, gunung dengan ketinggian 2968 meter dpl ini menawarkan panorama alam yang sulit untuk diabaikan. Makanya, banyak pendaki gunung ataupun pecinta alam yang merasa belum puas jika belum sempat menginjakkan kakinya di puncak gunung ini.

Jalur Pendakian Gunung Merapi


Saat ini ada tiga jalur pendakian untuk mencapainya, yaitu jalur Kinahrejo/ Kaliadem dari sisi selatan, Jalur Babadan melalui lereng barat, dan Jalur Selo/ Plalangan dari sebelah utara puncak Merapi. Pendakian dari arah utara merupakan jalur yang disarankan karena mempunyai lereng yang lebih landai. Waktu yang baik untuk melakukan pendakian adalah antara bulan Juni – Agustus. Selang waktu tersebut sudah memasuki musim kemarau dan angin tidak terlalu kencang.

Di lereng barat Gunung Merapi terdapat Pos Babadan yang dilengkapi gua sebagai ruang penyelamatan. Dari pos yang dibangun tahun 1930 ini, kamu bisa lihat morfologi Puncak Merapi yang terjal dengan kubah lava aktifnya. Pada saat gunung sedang aktif, suara-suara guguran lava terdengar cukup jelas.
Di lereng utara Merapi terdapat beberapa objek wisata yang menarik seperti air terjun Kayang setinggi 50 m di Desa Wonolelo. Mata airnya berasal dari Tuk Sanga (mata air sembilan) di dusun Windu Kidul lereng Gunung Merbabu. Ada pula arena kemah yang berlokasi di atas air terjun tersebut.

Lokasi : 30-an km utara kota Jogja
Akses objek wisata : karena jalur yang disarankan adalah jalur utara atau jalur Selo, maka ketika mau mendaki, kamu bisa lewat Kabupaten Boyolali, dan menginap di Desa Lencoh/ Blumbangsari, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Di desa tersebut ada penginapan atau beberapa rumah penduduk yang dapat disewa dan sekaligus menyediakan jasa pemandu (guide) yang berpengalaman.
Fasilitas : 6 pos pengamanan, gua perlindungan

TIPS : Kalo mau naik izin dulu ke Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) yang berada di Jl. Baciro, Lempunyangan. Di tempat ini bayar tiket pendakian Rp. 1.500,- per orang. Lalu kalau mau nginap dan bikin kegiatan bayar retribusi per hari per kelompok sebesar Rp. 15.000,- sampe Rp. 20.000,-. Juga bikin 2 buah materai buat surat izin masuknya.

Kaliurang


Buat kamu yang pingin mencari tempat yang sejuk, dingin dan tenang, objek wisata Kaliurang lah tempatnya. Di kawasan wisata di lereng selatan Gunung Merapi ini, kamu bisa jalan-jalan sambil mengitari ratusan penginan yang bertebaran di sana. Gardu pandang juga ada. Di sana kamu bisa menatap indahnya lereng Merapi dan Kali Boyong di bawahnya.



Kamu juga bisa bersantai di Taman Rekreasi Kaliurang. Sekitar 300 meter ke arah timur laut dari taman rekreasi ada Taman Wisata Plawangan Turgo. Di kawasan taman wisata ini ada kolam renang Tlogo Putri yang airnya berasal dari mata air di lereng Bukit Plawangan, dan juga terdapat air terjun Tlogo Muncar. Hutan Wisata Kaliurang bisa juga dipakai untuk kegiatan outbound bagi anak-anak dan komunitas tertentu sebagai sarana pendidikan berorientasi alam.

Kalau ingin menikmati pemandangan di kawasan Kaliurang, kamu bisa berkeliling naik kereta kelinci yang dikenal dengan istilah sepoer. Kendaraan satu ini biasa mangkal di depan taman wisata yang dipenuhi sama kios-kios penjaja makanan. Jalur yang dilaluinya mengitari kawasan wisata Kaliurang dari timur ke barat. Untuk sekali naik, tarifnya Rp. 3.000,- per orang jika yang naik minimal tujuh orang. Atau paket Rp. 20.000,- kamu bisa puter-puter sepuasnya.

Penginapan Murah di Pegunungan Kaliurang

Untuk mencari villa di Kaliurang atau homestay dengan tarif beragam, mulai dari yang 50 ribuan sampai ratusan ribu per malam anda dapat pesan secara online melalui jogjawae.com terutama di akhir pekan karena banyaknya peminat yang ingin menginap di Daerah dingin tersebut dari kalangan wisatawan / mahasiswa. Tersedia pula hotel melati dan Bintang dengan tarif murah yang biasanya dipesan oleh banyak instansi untuk pertemuan rutin mereka. Beberapa penginapan yang bisa anda nikmati, antara lain: Bukit Surya (paling disarankan), Puri Indah Inn (bintang 3), Wisma Sejahtera, Villa Taman Eden (siapkan budget lebih), dan lainnya. Backpacker pun juga dapat menginap dengan menyewa kamar di rumah warga setempat dengan tarif sangat murah.

Untuk beli oleh-oleh di Kaliurang, anda bisa coba jadah dan tempe bacem, yakni makanan dari ketan dan kelapa yang rasanya gurih yang dipasangkan sama manisnya tempe bacem.

Lokasi : kaki bukit Plawangan, di lereng sebelah selatan Gunung Merapi, sekitar 28 km utara Kota Yogyakarta.
Luas : ±96,45 hektar, ketinggian 878 m dpl.
Objek wisata : kawasan hutan wisata, Goa Jepang, Tlogo Muncar, Pronojiwo, Plawangan, museum Ullen Sentanu
Waktu berkunjung : setiap hari, 24 jam
Tiket masuk :
Bus/ Truk : Rp. 1.500,-
Roda 4 : Rp. 1.000,-
Roda 2 : Rp. 200,-
Dewasa + Asuransi : Rp. 500,-
Anak-anak+Asuransi : Rp. 250,-
Fasilitas : ratusan penginapan, gardu pandang, taman bermain, kolam renang Tlogo Putri, lapangan tenis, tempat parkir, terminal bus, panggung hiburan.
Transportasi : Kalurang bisa ditempuh pake bus jalur Jogja – Kaliurang. Lama perjalanan kira-kira setengah jam.

TIPS : Lebih asyik kalo ke sana rame-rame bersama teman, apalagi kalo sambil bawa gitar. Kamu bisa buat api unggun dan main permainan seru bareng dan banyak lagi hal seru yang bisa dilakukan di Kaliurang.

0 komentar: