Tuesday 3 December 2013

Fakta Unik Jamur

kalo biasanya jamur itu berwanra putih atau coklat karena memang jamur tidak memiliki klorofil.jamur ada yang bisa di makan,tapi ada juga yang beracun. pada umumnya jamur berbentuk mirip seperti payung,tapi ada juga yang brbrntuk aneh bahkan menyeramkan. berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang jamur :


  1. Jamur yang dapat menyala


    kalo biasanya jamur itu berwana putih atau coklat,jamur ini justru bisa meneluarkan cahaya yang indah pada malam hari secara alami.jamur menyala ini terakhir di temukan pada tahun 1840 di brazil,namun kini jamur itu muncul kembali. ilmuan Dennis Desjardin dan Tim berhasil menemukan jamur itu. tim ini mengumpulkan beberapa specimen baru yang kemudian di klassifikasi ulang jamur ini dalam Neonothopanus Geardner.
    jamur menyala ini terakhir di temukan oleh seorang ahli botani inggris Geore Gadner tahun 1840. ia enemukan seorang anak sedang bermain dengan obyek yang menyala. peneliti berencana mempelajari jaur ini dengan seksama untuk mengetahui mengapa dan bagaimana jamur ini bisa menyala.
    peneliti yakin,cara jamur ini menyala seperti kunang-kunang. yakni melalui campuran zat kimia Luciferin dan Luciferase.namun ilmuwan mengaku belum mengidentisifikasi zat kimia ini pada jamur.
  2. Jamur raksasa

    Beberapa waktu yang lalu seorang warga kota puxiong, provinsi yanan, china, menemukan jamur yang membuat geger publik. lantaran jamur yang di temukannya ini adalah jamur yang sangat besar. tak tanggung-tanggung, berat jamur ini mencapai 15 Kg. wujud jamur itu berupa gerumbul putih sebaynak 100 buah yang menyatu di satu batang. setelah di ukur baru di ketahui diameternya 93 cm dengan berat 15 Kg.
    menurut salah seorang datang untuk melihat jamur raksasa itu mengatakan bahwa jamur ini bisa membuat rekor dunia sebagai jamur terbesar di dunia. sayangnya hingga saat ini belum di ketahui apakah penemu jamur ini berminat untuk mendaftarkannya gelar dunia.
  3. Jamur tangan zombie

    kalo biasanya jamur berbrntuk menyerupai payung,lain hlnya dengan jamur ini. jamur ini  memiliki bentuk menyeramkan layaknya tangan zombie. jamur yang di anggap sebagai specimen Clathrus Archeri atau " Devil Vinger"s" Tampak seperti tangan yang  dingin dan seperti mayat yang coba keluar dari bumi,bahkan jamuru ini terlihat seperti memakai baju yang compang-camping di pergelangan tangan.





0 komentar: