Monday 15 April 2013

Cara Mengatasi Masuk Angin


Cara Mengatasi Masuk Angin

Cara Mengatasi Masuk Angin


Cara Mengatasi Masuk Angin atau Cara Mengobati Masuk Angin, masuk angin merupakan salah satu penyakit umum yang paling sering kita dengar ataupun kita temui. Masuk angin dapat juga dikatakan dimana tubuh kita sedang mengalami tidak enak badan, meriang, pusing, demam, pilek ataupun indikasi lainnya. Masuk angin dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah common cold. Namun di luar negeri sana, khususnya daerah barat istilah ini kurang dikenal, karena disana memiliki empat musim sehingga dapat membuat tubuh orang sana mempunyai daya adaptasi tersendiri, terutama terhadap perubahan musim.
Di Indonesia sendiri yang hanya memiliki dua musim dapat membuat tubuh kita kurang mendapat respon terhadap perubahan musim apalagi perubahan musim yang mendadak. Misalnya disaat musim hujan, kondisi dingin akibat suhu dari air hujan yang turun dapat membuat pembuluh darah kita menciut yang kemudian daya tahan tubuh kita pun ikut melemah. Dan hal tersebut tentu saja dapat berakibat mudahnya virus-virus yang membawa penyakit untuk menyerang tubuh kita.
Penyakit masuk angin bisa kita obati dengan cara-cara yang cukup mudah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Lalu bagaimana sebenarnya cara mengatasi masuk angin atau cara mengobati masuk angin tersebut? Dan berikut adalah beberapa cara mengatasi masuk angin :

Cara Mengatasi Masuk Angin

  1. Menggunakan Jahe, dalam hal cara mengatasi masuk angin, jahe memang salah satu bahan alami yang paling efektif, karena jahe bersifat menghangatkan. Kita dapat membuat ramuan dengan cara yang cukup mudah. Ambil 2 ruas jahe sebesar ibu jari, lalu dihaluskan sampai benar-benar halus, kemudian masukan jahe tersebut ke dalam satu gelas air hangat. Dan jahe hangat pun siap untuk kita minum. Namun, apabila kita memang sedikit tidak nyaman dengan rasanya, kita juga bisa mencampur ramuan tersebut dengan sedikit gula atau madu sebagai pemanis.
  2. Menggunakan Ubi Merah, cara mengatasi masuk angin bisa dengan menggunakan ubi merah. Caranya, ubi merah kita kupas dan dicampur dengan air, jahe merah, butir biji pala yang sudah dimemarkan, 5 butir cengkeh, 10 butir kapulaga, 1 ibu jari kayu manis, 10 butir merica dan juga gula merah. Lalu kita rebus bahan-bahan tersebut menggunakan air secukupnya. Setelah selesai tunggu airnya hangat, kemudian airnya kita minum dan ubinya kita makan, dan harus kita minum secara teratur.
  3. Menggunakan Daun Pepaya, cara mengatasi masuk angin bisa dengan menggunakan pilah daun pepaya. Caranya, cuci pilah daun pepaya tersebut hingga bersih, lalu rebus dengan air. Tunggu sampai airnya hangat kemudian diminum. Dan sebaiknya diminum secara teratur dua kali dalam sehari.
  4. Menggunakan Daun Lidah Buaya, cara mengobati masuk angin juga bisa menggunakan daun lidah buaya. Caranya, cukup campur daun lidah buaya dengan jahe, kencur, dan temulawak, lalu rebus dengan air. Setelah selesai minum air rebusan tersebut selagi hangat.
  5. Menggunakan Daun Mint, cara mengobati masuk angin bisa dengan menggunakan teh yang terbuat dari daun mint. Caranya cukup mudah dan sama seperti halnya kita membuat teh biasa. Gunakan 7 sampai 10 lembar daun mint, kemudian rebus menggunakan 1 gelas air hingga mendidih. Setelah selesai biarkan air tersebut menjadi hangat, dan teh daun mint pun siap untuk kita minum.

Cara Mengatasi Masuk Angin

Selain cara mengatasi masuk angin atau cara mengobati masuk angin yang tadi telah disebutkan, cara mengatasi masuk angin yang lainnya juga masih ada. Dan sepertinya cara ini adalah cara yang paling umum sering dilakukan oleh orang banyak dalam hal cara mengatasi masuk angin, yaitu dengan kerokan, kita bisa menggunakan koin sebagai alatnya dengan ditambahkan sedikit olesan minyak urut atau balsem, namun ada juga yang menggunakan lotion. Cara ini dipercaya dapat mengeluarkan angin dari pori-pori yang kita kerok.
Itulah tadi beberapa cara mengatasi masuk angin atau cara mengobati masuk angin yang cukup sederhana dengan menggunakan bahan-bahan alami. Semoga cara mengatasi masuk angin ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya, dan terima kasih karena telah membaca tulisan cara mengatasi masuk angin

0 komentar: